Kegiatan Sosialisasi Pemilu Damai di Sumedang Mewujudkan Demokrasi yang Bermartabat

Posted by : jurnalp1 Desember 7, 2023 Tags : Pemilu damai 2024 , sumedang , tanjungsari

Sumedang, Jurnal Pers86 – Dalam rangka menjaga situasi damai dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Kegiatan Sosialisasi Pemilu Damai digelar di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), yang berlokasi di dusun Gudang RT 01 RW 04 desa Gudang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Sumedang. 

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan TNI, Polri, penyelenggara pemilu, partai politik, dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Pasi ops Kodim 0610/Sumedang, Kapten Cba Tonny, menekankan pentingnya netralitas TNI dalam Pemilu sebagai pengawal demokrasi sesuai dengan amanat undang-undang. Ia juga mengingatkan seluruh peserta bahwa Pemilu tahun 2024 akan menjadi tantangan baru yang berbeda dari sebelumnya, dan mengajak semua masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pasi ops juga menyampaikan harapannya agar Pemilu di Kecamatan Tanjungsari dapat menjadi tolak ukur bagi kecamatan lain di Kabupaten Sumedang, di mana tidak ada perpecahan atau permusuhan akibat perbedaan pilihan politik.

Selanjutnya, dilakukan ikrar Pemilu Damai yang melibatkan TNI, Polri, ASN, penyelenggara pemilu, partai politik, ormas, dan seluruh elemen bangsa. Ikrar tersebut menyatakan komitmen untuk melaksanakan Pemilu yang damai, kondusif, mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta menolak segala bentuk upaya yang dapat menimbulkan perpecahan atau provokasi dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan Pemilu di Kabupaten Sumedang dapat berjalan dengan baik dan menciptakan situasi yang kondusif. Semoga Pemilu tahun 2024 menjadi momen berharga bagi demokrasi Indonesia yang bermartabat,” pungkasnya. (Jajang A Syamsudin/Donal).

 

RELATED POSTS
FOLLOW US