Transformasi Menuju Keluarga Sehat: Program P2WKSS Diperkenalkan di Desa Kutamandiri, Sumedang

Posted by : jurnalp1 Mei 9, 2024 Tags : Desa Kutamandiri , Forkopimcam tanjungsari , P2WKSS

Sumedang, Jurnal Pers86 || Pada Rabu, 8 Mei 2024, Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli dan Ketua TP PKK Sumedang Yeyet Nurhayati memimpin acara pembukaan kegiatan Verifikasi Awal Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari.

Pj Bupati Sumedang, Yudia menjelaskan bahwa Program P2WKSS merupakan inisiatif untuk meningkatkan peran dan partisipasi wanita dalam pembangunan. Tujuannya adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia, sumber daya alam, dan lingkungan guna menciptakan keluarga yang sehat, sejahtera, dan bahagia. Pemda Sumedang menegaskan komitmennya menjadikan P2WKSS sebagai program prioritas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Seluruh SKPD, Tim Penggerak PKK, dan pihak terlibat diharapkan turut serta dalam pelaksanaan program terpadu P2WKSS, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan di lapangan. Program ini melibatkan berbagai instansi dan lembaga masyarakat untuk mempercepat tercapainya masyarakat yang sehat sejahtera melalui kolaborasi lintas sektoral,” ungkap Yudia.

Pemda Sumedang tengah bertransformasi menjadi pemerintah berkelas dunia dengan melakukan pembangunan akseleratif. Yudia menekankan bahwa untuk mencapai hasil yang diharapkan, P2WKSS harus dilakukan melalui inovasi yang berbeda dari cara-cara biasa.

Kadis DPPKBP3A Kabupaten Sumedang, Ani Gestaviani, menyatakan bahwa Desa Kutamandiri dipilih sebagai pilot project Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 karena masalah tingginya jumlah keluarga miskin yang didominasi oleh perempuan. Tujuan dari P2WKSS adalah mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, serta meningkatkan kedudukan, peran, kemampuan, ketahanan mental, dan spiritual kaum perempuan,” ujarnya.

Kepala Desa Kutamandiri, Agustina, menjelaskan bahwa Program P2WKSS bertujuan untuk membina 100 KK binaan perempuan yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Desa Kutamandiri. Para peserta akan mengikuti pelatihan selama 7 bulan dengan pembinaan dari berbagai SKPD Kabupaten Sumedang untuk penguatan kepribadian dan ekonomi keluarga,” kata Agustina.

Pada acara tersebut, Pj. Bupati dan Ketua TP PKK memberikan bantuan kepada 100 rumah tangga miskin sesuai hasil verifikasi validasi kemiskinan. Program P2WKSS diharapkan dapat dijalankan tidak hanya sebagai pilot project, tetapi juga di seluruh desa/kelurahan guna mempercepat tercapainya masyarakat yang sehat sejahtera melalui peran aktif wanita. (NDI)

RELATED POSTS
FOLLOW US