Simulasi Sispam Kota Sumedang: Kesiapan Pengamanan Pilkada Tahun 2024 Diperkuat

Posted by : jurnalp1 Agustus 6, 2024 Tags : pilkada 2024 , Polres Sumedang , Sispam

Sumedang, Jurnal Pers86 || Dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, dilakukan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) di Alun-alun Sumedang pada Selasa (6/8/2024). Acara Sispam Kota dihadiri oleh Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Pemadam Kebakaran, dan petugas keamanan lainnya.

Dalam simulasi ini, dilakukan Tactical Floor Game (TFG) oleh setiap komponen yang terlibat. Berbagai skenario, mulai dari penanganan kerusuhan hingga evakuasi warga, dilakukan untuk memastikan kesiapan dan respons cepat dari seluruh tim pengamanan. Asisten Pemerintahan Asep Uus yang turut menyaksikan Sispam Kota menyatakan, “Berbagai persiapan Pilkada termasuk pengamanan terus dilakukan. Mudah-mudahan Pilkada di Sumedang bisa berjalan dengan sukses, lancar, aman, damai, dan kondusif.”

Asep Uus, atas nama Pj Bupati Sumedang, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Sumedang beserta jajarannya yang telah melaksanakan simulasi Sispam Kota. Sispam Kota merupakan bentuk kesiapan Polres Sumedang dalam mengantisipasi berbagai macam gangguan, baik berupa konflik sosial maupun gangguan keamanan Pilkada 2024. “Saya yakin Polres Sumedang telah melakukan pemetaan bersama komponen lainnya dalam mengantisipasi potensi konflik sosial dan gangguan keamanan yang mungkin terjadi di Sumedang,” ujarnya.

Kapolres Sumedang, AKBP Joko Dwi Harsono, menyatakan bahwa Sispam Kota sebagai bentuk kesiapsiagaan dan antisipasi dalam menghadapi berbagai gangguan keamanan yang mungkin terjadi dalam mengamankan terselenggaranya Pilkada di Sumedang. Selain itu, ini juga sebagai bentuk sinkronisasi kolaborasi SOP antara TNI, Polri, BPBD, dan berbagai komponen yang terlibat sehingga bisa bergerak secara harmonis dan selaras dalam mengamankan gangguan keamanan. “Seandainya nanti ada gangguan keamanan yang terjadi dalam pengamanan Pilkada, sudah punya gambaran apa yang harus dilakukan, bagaimana cara bertindak, kemudian kepada siapa bertanggung jawab,” ungkapnya.

(Red)

RELATED POSTS
FOLLOW US