SIMPE Jawa Barat: Edi Sutiyo Resmi Terpilih, Siap “Memimpin” Menuju Era Baru Jurnalisme yang Bersih dan Bermartabat!

Posted by : jurnalp1 September 8, 2024 Tags : insan pers , Simpe jabar

Sumedang, Jurnal Pers86 || Tongkat estafeta kepemimpinan di Solidaritas Insan Media dan Penulis (SIMPE) Jawa Barat resmi beralih. Edi Sutiyo, praktisi hukum, terpilih sebagai Ketua Umum SIMPE Jawa Barat periode 2024-2027 dalam rapat pemilihan pengurus yang berlangsung meriah di Rumah Makan Saung Bambu Parahyangan, Pasigaran, Tanjungsari, Sumedang, Minggu (08/09/2024).

Suasana penuh semangat dan kekeluargaan mewarnai pertemuan para insan pers yang tergabung dalam SIMPE Jawa Barat. Mereka berkumpul untuk menentukan arah baru organisasi yang telah berdiri sejak 25 Juli 2020. Edi Sutiyo, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerakan Advokat dan Aktivis Jawa Barat, berhasil meraih kepercayaan penuh dari para anggota SIMPE Jawa Barat untuk memimpin organisasi ini selama tiga tahun ke depan.

“Saya merasa terhormat dan bertanggung jawab atas amanah yang diberikan kepada saya. Saya berharap dapat membawa SIMPE Jawa Barat menuju ketinggian baru, meningkatkan profesionalitas anggota, dan memperkuat peran SIMPE sebagai wadah pemersatu insan media di Jawa Barat,” ujar Edi Sutiyo dalam sambutannya.

Edi Sutiyo juga menekankan pentingnya menjaga Kode Etik Jurnalistik dan berpegang teguh pada UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Ia mengingatkan para jurnalis untuk waspada terhadap perkembangan hukum, khususnya KUHP terbaru tahun 2026, yang menimbulkan kekhawatiran terhadap kebebasan pers.

“Pasal 263 dan 264 dalam KUHP terbaru harus menjadi perhatian kita semua. Pasal-pasal ini berpotensi membatasi kebebasan pers, sehingga kita harus tetap berhati-hati dan berjuang untuk menjaga kebebasan pers di Indonesia,” tegas Edi Sutiyo.

Rapat pemilihan pengurus ini juga dihadiri oleh para advokat, Sekdes Margaluyu, dan Pimpinan Redaksi Jurnal Pers86.com, Rudi, yang akrab disapa Aki Safa’at. Aki Safa’at menyampaikan harapannya agar SIMPE Jawa Barat semakin maju dan menjalin kerjasama yang baik dengan media lainnya.

“Saya yakin Edi Sutiyo akan membawa SIMPE Jawa Barat menuju masa depan yang lebih cerah. Semoga kita semua bisa bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan organisasi,” ungkap Aki Safa’at.

Nana Suryana, yang dikenal sebagai Apih Dody, mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya Edi Sutiyo sebagai Ketua Umum SIMPE Jawa Barat. Ia mengharapkan kepemimpinan Edi Sutiyo dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan membawa SIMPE Jawa Barat menjadi organisasi yang lebih kuat dan berpengaruh.

“Semoga Edi Sutiyo bisa membawa SIMPE Jawa Barat lebih maju lagi dan bisa mensejahterakan semua anggota dalam keluarga besar Solidaritas Insan Media dan Penulis SIMPE Jawa Barat,” ujar Apih Dody.

Bah Oki, selaku pendiri SIMPE Jawa Barat, mengungkapkan harapannya agar organisasi ini semakin sukses dan maju ke depannya. Ia menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai profesionalitas dan silaturahmi antara para anggota.

“Di wadah ini, semoga kita dapat menjalin profesionalitas, pembelajaran, dan juga harapan ke depannya ada program kerja dalam rangka Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” ujar Bah Oki.

Asep Sunandar (Dalang), pembina Media Online Sambar.Id, mengungkapkan harapannya agar SIMPE Jawa Barat menjadi organisasi yang lebih besar dan berpengaruh di tingkat nasional.

“Ini bukan hanya untuk Sumedang saja, tapi untuk seluruh Jawa Barat. Dengan adanya organisasi SIMPE Jawa Barat ini, para jurnalis yang tergabung di wadah ini ke depannya bisa lebih maju dan lebih baik,” pungkas Dalang. (Red)

 

 

RELATED POSTS
FOLLOW US