Semarakkan Budaya Sunda, Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kecamatan Pamulihan Sumedang Digelar

Posted by : jurnalp1 September 12, 2024 Tags : Festival , FTBI , kecamatan Pamulihan

Pamulihan, Jurnal Pers86 || Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kecamatan Pamulihan tahun 2024 sukses digelar di SD Cirengganis Desa Haurngombong, Kamis (12/09/2024). Acara yang mengangkat tema “Basa Sunda Jati Diri Urang Sunda” ini meriah dengan partisipasi peserta dari 22 SD di Kecamatan Pamulihan.

Ketua PGRI Kecamatan Pamulihan, Agus Sujana, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Disdik Sumedang. “FTBI ini menjadi wadah bagi siswa-siswi SD di Kecamatan Pamulihan untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam berbahasa Sunda,” ujar Agus. “Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap bahasa dan budaya Sunda, serta meningkatkan kompetensi guru dan siswa.”

FTBI diikuti oleh siswa-siswi yang berkompetisi dalam tujuh mata lomba, yaitu: maca sajak, ngadongeng, biantara, borangan, maca nulis aksara Sunda, carpon, dan nembang pupuh. Para peserta bersemangat menampilkan kemampuan terbaik mereka, menunjukkan kekayaan dan keindahan bahasa Sunda.

Ketua Umum FTBI, Aan Darwati, menambahkan, “FTBI ini merupakan upaya untuk melestarikan bahasa dan budaya Sunda, khususnya di Kecamatan Pamulihan. Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi generasi muda untuk terus belajar dan mencintai bahasa Sunda.”

Para pemenang FTBI Tingkat Kecamatan Pamulihan akan mewakili Kecamatan Pamulihan dalam FTBI Tingkat Kabupaten Sumedang. Hal ini menunjukkan bahwa FTBI bukan hanya sebuah festival, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam upaya melestarikan bahasa dan budaya Sunda. (Red/Korwil Jabar)

RELATED POSTS
FOLLOW US