Polda Jabar Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Idul Fitri 1445 H

Posted by : jurnalp1 Maret 26, 2024 Tags : arus mudik , Ditlantas Polda Jabar , idul Fitri 1445 H

Bandung, Jurnal Pers86 – Kepolisian Republik Indonesia Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) telah melakukan persiapan untuk pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H. Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di Aula RTMC Ditlantas Polda Jabar, pada Selasa (26/03/2024).

Konferensi pers ini dihadiri langsung oleh Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Pol Wibowo, Wakil Direktur Lalu Lintas AKBP Edwin Effendi, dan para pejabat utama Ditlantas Polda Jabar.

Menurut Kombes Pol Wibowo, pengamanan akan dilakukan mulai H-5 hingga H+11. “Dalam pengamanan nanti, kami sudah menyiapkan beberapa fasilitas umum seperti 251 pos pengamanan, 64 pos pelayanan, 26 pos terpadu, dan 32 rest area yang tersebar di seluruh tol wilayah hukum Polda Jabar,” ujarnya.

Untuk pengamanan tersebut, Ditlantas Polda Jabar telah menyiapkan 27.193 personil gabungan, di antaranya 16.283 personil Polri, 2.630 personil dari Polda, dan 13.453 personil dari satuan wilayah, serta 200 personil BKO.

Kombes Pol Wibowo juga mengungkapkan bahwa berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, diperkirakan akan ada 193,6 juta orang yang akan mudik pada tahun ini, menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Minat pemudik tahun 2024 ini meningkat di angka 84,27%. Oleh karena itu, jajaran Lantas Polda Jabar akan melakukan skenario one way dan contra flow di Tol Cipali untuk menghindari kemacetan yang disebabkan oleh antrian di rest area KM 162 – KM 166,” jelasnya.

Selain di jalan tol, Ditlantas Polda Jabar juga akan menerapkan sistem one way untuk jalan alternatif, salah satunya jalur Selatan yang dimulai dari Lingkar Nagreg hingga Lingkar Gentong Tasikmalaya.

Untuk wilayah Puncak Bogor, Ditlantas Polda Jabar bersama Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap untuk menghindari kepadatan dan penumpukan kendaraan di area wisata Puncak Bogor.

Menurut Kombes Pol Wibowo, berdasarkan informasi dari BMKG, hujan masih akan terus mengguyur hingga akhir Mei dan ada 31 wilayah di Jawa Barat yang berpotensi rawan bencana alam. (Red)

RELATED POSTS
FOLLOW US