Dua Kabupaten dari Kalimantan Lakukan Benchmarking Transformasi Digital ke Sumedang

Posted by : jurnalp1 Juni 24, 2023 Tags : Benchmarking Transformasi Digital , Sekda Sumedang

Sumedang, Jurnal Pers 86 – Dipandang sebagai Pemerintah Daerah yang inovatif dan sarat akan prestasi, Kabupaten Sumedang untuk kesekian kalinya kembali menjadi tujuan _benchmarking_ Transformasi Digital oleh kabupaten lain.

Sebagaimana yang dilakukan oleh dua Kabupaten asal Pulau Borneo yakni Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur dan Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (23/6).

Masing-masing Sekretaris Daerah, para Kepala SKPD dan Camat yang tergabung dalam rombongan _benchmarking_ diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman di Command Center Sumedang.

Kunjungan difokuskan pada _sharing_ ilmu pengetahuan dan pengalaman terkait program dan inovasi Pemkab Sumedang, terutama terkait implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Sumedang.

Di hadapan peserta _benchmarking_ Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menegaskan bahwa pemerintahan modern di era disruptif harus responsif terhadap perubahan lingkungan strategis melalui teknologi informasi sebagai alat dan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana kita merumuskan dan melaksanakan kebijakan berdasarkan data atau _evidence based policy_ , sehingga keputusannya tepat dan hasilnya optimal, yakni membidik langsung peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya

Lebih lanjut Sekda mengungkapkan, akselerasi reformasi birokrasi bisa melalui “lompatan” birokrasi dengan dibantu oleh teknologi informasi.

“Sumedang sudah memberikan praktik baik transformasi digital. Ini langkah konkret reformasi birokrasi. Saya sarankan jadikan Sumedang model Kabupaten. Amati, tiru, lalu modifikasi kemudian replikasi,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Kutai Timur Rizali Hadi menyampaikan, dengan melakukan studi tiru ke Sumedang diharapkan SPBE di daerahnya bisa lebih menigkat lagi.

“Saya mengharapkan, dengan pertemuan ini, ada perubahan signifikan dalam impelemnrasi SPBE di daerah kami,” tuturnya.

Senada dengan Sekda Kutai Timur, Sekda Pulang Pisau Tony Harisinta juga menyampaikan hal serupa.

“Harapannya, semoga ke depan SPBE kami bisa lebih maksimal dan lebih maju,” pungkasnya.

(Nining Kusyeni)

RELATED POSTS
FOLLOW US