Desa Margalaksana Luncurkan Sentra Kuliner, Dorong Perekonomian Lokal

Posted by : jurnalp1 Agustus 30, 2024 Tags : Desa Margalaksana , Sentra kuliner

Sumedang, Jurnal Pers86 || Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan, meresmikan Sentra Kuliner Desa Margalaksana pada Kamis (29/8/2024) dalam rangka memperingati HUT ke-16 desa yang terletak di kaki Gunung Kareumbi. Peluncuran ini merupakan upaya Desa Margalaksana untuk memaksimalkan potensi ekonomi lokal dengan memberdayakan seluruh elemen masyarakat, termasuk para petani yang tergabung dalam kelompok tani dan pelaku UMKM di desa.

Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, meresmikan Sentra Kuliner ini. “Sentra Kuliner Desa Margalaksana dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Sumedang. Kami berharap perekonomian desa semakin meningkat, pengangguran berkurang, dan masyarakat menjadi lebih kreatif serta sejahtera,” ujar Yudia.

Sentra kuliner yang akan diadakan setiap akhir pekan ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik, sekaligus memperkuat perekonomian lokal dan melestarikan kebudayaan desa.

Direktur BUMDes Waluyalaksana, Diwan Furoq Arafah, menjelaskan bahwa Sentra Kuliner Margalaksana tidak hanya berfokus pada penyajian kuliner, tetapi juga menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi masyarakat desa. “Kami ingin Sentra Kuliner ini menjadi pusat pemberdayaan yang melibatkan seluruh masyarakat Desa Margalaksana,” kata Diwan.

Menurutnya, selain produk kuliner, hasil-hasil pertanian seperti singkong, ubi, jagung, dan pisang akan diolah dan dipasarkan di sini. “Kami juga berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan desa melalui pertunjukan kesenian yang akan diadakan setiap malam Sabtu dan malam Minggu,” ujar Diwan.

Dalam upaya mendukung kreativitas masyarakat, acara ini juga menggelar lomba olahan hasil pertanian. Pemenang lomba akan mendapatkan tambahan gerobak sebagai dukungan dari BUMDes. “Langkah ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih berinovasi dalam mengolah hasil tani dan meningkatkan kualitas produk mereka,” katanya. 

RELATED POSTS
FOLLOW US